TUGAS SIP PERTEMUAN 1

Nama: Reggy Pangestu N
Kelas: PEK 51
NIM: 21/478043/SV/19235
MBTI: ESFP

Mengapa pemerintah/pemerintah daerah memerlukan sistem informasi dalam proses pembangunan? Anda bisa menjelaskan dengan memberikan ilustrasi satu contoh sistem informasi nyata yang digunakan oleh suatu institusi.

Jawaban

Dalam perkembangan zaman teknologi sangatlah dibutuhkan dalam setiap bidang yang ada, termasuk kedalam pemerintah ataupun pemerintah dalam menyelenggarakan dan melaksanakan pembangunan. Dalam pelaksanaan pembangunan, sistem informasi sangatlah penting dalam keberlangsungannya. Sistem informasi membantu pemerintah daerah dalam mengumpulkan data yang relevan mengenai kondisi sosial, ekonomi, infrastruktur, dan lingkungan di wilayah tersebut. Data ini sangat penting untuk memahami kebutuhan masyarakat, mengidentifikasi masalah-masalah yang perlu diselesaikan, dan merencanakan program pembangunan yang tepat. Tidak hanya itu, sistem informasi memungkinkan pemerintah daerah untuk memantau pelaksanaan program pembangunan secara real-time. Hal ini memungkinkan mereka untuk mengidentifikasi potensi masalah atau hambatan yang mungkin muncul selama pelaksanaan dan mengambil tindakan korektif yang diperlukan. Evaluasi berkala terhadap program-program juga dapat dilakukan berdasarkan data yang ada, sehingga pemerintah dapat menilai apakah tujuan pembangunan tercapai dengan baik.
Contoh siste informasi nyata yang digunakan dalam suatu institusi adalah Jogja Smart Service (JSS) yang merupakan portal maya Pemerintah Kota Yogyakarta dalam rangka memberikan layanan langsung kepada semua masyarakat di Kota Yogyakarta.